Andi Musdalipa C201 11 014
Muji bunnia C201 11 021
Rizki wahyuni putri C201 11 025
Fitriani H C201 11 037
Gustiana C201 11 042
Nining fitria C201 11 050
A.
RISET PEMASARAN
INTERNASIONAL
Pemasaran dalam bisnis internasional sagat kompleks daripada pemasaran domestic.
Perbedaan sosial, bahasa, politik, peraturan, dll perlu dipelajari dengan
seksama kemudian dijadikan sebagai landasan kebijakan strategi pemasaran.
Pemahaman tentang lingkungan bsnis internasional seharusnya didasarkan pada
penilitian yang dilakukan yang menyangkut produk, rencana pemassaran, strategi
pemasaran. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi problem
pemasaran.
Istilah Riset pemasaran ( marketing research ) mengacu pada pengumpulan,
analisis, dan penyajian informasi yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan
dengan baik. Focus dari riset pemasaran adalah masalah atau proyek khusus
dengan suatu awal dan akhir.
Macam data yang diperlukan dalam penelitian
pemasaran:
1.
Data sekunder
Data yang dikumpulkan pleh pihak
lain(BPS, Dep perindustrian, IMF) data ini teralive lebih murah dan mudah untuk
mendapatkannya.
2.
Data primer
Data yang dikumpulkan sendiri oleh
peneliti, karenanya cara mendapatkannya data tersebut membutuhkan biaya yang
mahal, mamakai waktu lama, kadang hasilnya sulit dikomparasi. Data ini
biasanya digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan yang bersifat taktis dan
spesifik.
Ada bermacam macam informasiyang
dibutuhkan dalam pemasaran internasional yaitu:
1.
Macro live information ( lingkungan fisik, politik,
ekonomi)
2.
Market information ( kemungkinan masuk, karakteristik
pasar)
3.
Micro level information ( sales forcasting, informasi
biaya, manajeman)
Manfaat sistem informasi
1.
Manajeman dapat memonitor perubahan yang terjadi pada
pasar pasar yang bebeda.
2.
Manajeman dapat memonitor perusahaan itu sendiri dalam
pasar internasional.
Analisis kekuatan kompetitif:
1.
Dari dalam perusahaan
2.
Bahan bahan publikasi
3.
Para pemasok / pelanggan
4.
Karyawan para pesaing
5.
Observasi langsung
Adapun kerangka kerja riset
pemasaran internasional adalah
·
Mendefinisikan masalah dan informasi yang dibutuhkan
untuk mendukung proses pengambilan keputusan manajemen.
·
Mengidentifikasikan sumber informasi alternative.
·
Merencanakan dan melaksanakan pengumpulan data.
·
Menganalisis data dan menyiapkan laporan.
Pemasaran
internasional
Fungsi
manajeman yang dianggap tulang punggung perusahaan adalah pemasaran. Tidak akan
ada artinya Sebaik apapun produk yang dihasilkan perusahaan tetapi jika
diimbangi oleh kemampuan perusahaan tersebut didalam memasarkan
produknya. Untuk mamasuki pasar internasional sebuah produk dapat
diperlukan dengan dilakukan modifikasi yang tergantung pada beberapa faktor
yaitu Jenis produk itu sendiri, biaya, dan peraturan dari negara yang dituju.
Standarisasi
produk
Yaitu produk
dengan sangat sedikit atau tanpa modifikasi sama sekali, biasanya untuk
barang-barang yang memang perlu distandarisasi seperti alat-alat kesahatan atau
alat alat labotaorium dll.
Diferensiasi
produk
Beberapa
jenis barang perlu dilakukan diferensiasi pasar agar perusahaan dapat
menigkatkan keuntungan. Modifikasi produk adalah salah satun bentuk
diferensiasi, dan deferensiasi merupakan salah satu segmentasi pasar. Ada
beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melakukan diferensiasi produk yaitu
jenis produk, kondidi dan kompetensi yang ada dipasar, kebutuhan fisik, infrastruktur,
product life style, legal requirement, cost benafit analysis.
Segemantasi
pasar
Beberapa
negara dapat dibagai dalam beberapa segmen denagn dasar tertentu seperti factor
demografi, tingkat pendapatan, agama, kebiasaan konsumsi, dll.
Merek dan
kemasan
Merek dapat
distandarisaitetapi dapat juga disesuaikan dngan kondisi negara tertentu
sehingga untuk produk yang sama mereknya akan berbeda di negara lain.
Strategi
produk
Produk
adalah fokus sentar bauran pemasaran. Jika sebuah produk tidak berhasil
memuaskan konsumen, apaun upaya memasarkan yang dilakukan oleh produsen tidak
akan berhasil. Dalam merumuskan strategi produk para manajer pemasaran
internasional harus ingat bahwa produk adalah lebih dari sekedar obyek fisik,
tetapi mencangkup juga merek, aksesoris, layanan purna jual, jaminan, pentujuk
pmakaian, cita perusahaan dan kemasan.
Jenis produk
Klasifikasi
produk adalah jenis produk industrial atau produk konsumen, ang memenuhi
kebutuhan pasar dunia pada umuamnya produk industrial tidak terlalu mermerlukan
banyak penyesuaian, hal tesebut berbeda dengan produk konsumen.
PENGARUH
KEKUATAN LINGKUNGAN LUAR NEGERI TERHADAP STRATEGI PRODUK
Kekuatan
sosial budaya
Adanya
perbedaan sosial budaya yang sangat mencolok mengharuskan perubahan-perubahan
produk makanan barang konsumsi lain (Mc donald mengubah burgernya dengan daging
ayam ketika memasarkan produknya ke india).
Kekuatan
hukum
Kekuatan
hukum menjadi sesuatau yang sangat penting dalam medisain produk suoaya
persuashaan dapat memasarkan produknya dinegara tersebut (peraturan tentang
polusi ,perlindungan konsumen)
Kekuatan
ekonomi
Adanay
pebedaan pendapat antara negara-negara di dunia menyebabkan perusahaan harus
menyesuaiakan produknya dengan daya beli yang akan dituju.
Kekuatan
fisik
Kekuatan
fisik berupa iklim, kondisi alam, suhu udara dll, angat perhataikan oleh
manajer produksi.
Strategi
promosi
Terdapat enam sstrategi berbeda yang
dapat dipilih perusahaan yaitu:
·
Produk sama-pesan sama
·
Produk sama-pesan beda
·
Adaptasi produk-pesan sama
·
Adaptasi produk-adaptasi pesan
·
Produk berbeda-pesan sama
·
Produk berbeda untuk pemaikaian yang sama -pesan
berbeda
Strategi
penetapan harga
Suatu barang bisa jadi
dipasarkan dengan harga tinggi di suatu neraga tertentu dan dipasarkan dengan
harga yang relative rendah di negara lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi
penentuan harga:
·
Perbedaan biaya yang haris dikeluarkan perusahaan di
negara sasaran.
·
Konsisi persaingan
·
Produk yang dipasarkan tersebut berbeda dalam tahapan
daur hidup yang mana
·
Para Pemerintah setempat dalam pengendalian harga
Strategi
distribusi
Keputusan perusahaan adalah akan memasarkan secara langsung atau tidak langsung
. ada beberapa faktor yang mempengaruhi strategi distribusi yakni:
·
Karakteristik pasar
·
Karakteristik produk
·
Karakteristik perusahaan
·
Karakteristik perantara
·
Persayaratan hukum
Daftar Pustaka:
riset pemasaran global
Tidak ada komentar:
Posting Komentar