Jumat, 04 April 2014

RISET PEMASARAN INTERNASIONAL

kelompok 
Andi Musdalipa            C201 11 014
Muji bunnia                  C201 11 021
Rizki wahyuni putri      C201 11 025
Fitriani H                      C201 11 037
Gustiana                       C201 11 042
Nining fitria                  C201 11 050

A.                RISET  PEMASARAN INTERNASIONAL
            Pemasaran dalam bisnis internasional sagat kompleks daripada pemasaran domestic. Perbedaan sosial, bahasa, politik, peraturan, dll perlu dipelajari dengan seksama kemudian dijadikan sebagai landasan kebijakan strategi pemasaran.  Pemahaman tentang lingkungan bsnis internasional seharusnya didasarkan pada penilitian yang dilakukan yang menyangkut produk, rencana pemassaran, strategi pemasaran.  Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi problem pemasaran.
 Istilah Riset pemasaran ( marketing research ) mengacu pada pengumpulan, analisis, dan penyajian informasi yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan dengan baik. Focus dari riset pemasaran adalah masalah atau proyek khusus dengan suatu awal dan akhir.
 Macam data yang diperlukan dalam penelitian pemasaran:
1.      Data sekunder
Data yang dikumpulkan pleh pihak lain(BPS, Dep perindustrian, IMF) data ini teralive lebih murah dan mudah untuk mendapatkannya.
2.      Data primer
Data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti, karenanya cara mendapatkannya data tersebut membutuhkan biaya yang mahal, mamakai waktu lama, kadang hasilnya sulit dikomparasi.  Data ini biasanya digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan yang bersifat taktis dan spesifik.
Ada bermacam macam informasiyang dibutuhkan dalam pemasaran internasional yaitu:
1.         Macro live information ( lingkungan fisik, politik, ekonomi)
2.         Market information ( kemungkinan masuk, karakteristik pasar)
3.         Micro level information ( sales forcasting, informasi biaya, manajeman)

Manfaat sistem informasi
1.         Manajeman dapat memonitor perubahan yang terjadi pada pasar pasar yang bebeda.
2.         Manajeman dapat memonitor perusahaan itu sendiri dalam pasar internasional.
Analisis  kekuatan kompetitif:
1.         Dari dalam perusahaan
2.         Bahan bahan publikasi
3.         Para pemasok / pelanggan
4.         Karyawan para pesaing
5.         Observasi langsung
Adapun kerangka kerja riset pemasaran internasional adalah
·           Mendefinisikan masalah dan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung proses pengambilan keputusan manajemen.
·           Mengidentifikasikan sumber informasi alternative.
·           Merencanakan dan melaksanakan pengumpulan data.
·           Menganalisis data dan menyiapkan laporan.
Pemasaran internasional
Fungsi manajeman yang dianggap tulang punggung perusahaan adalah pemasaran. Tidak akan ada artinya Sebaik apapun produk yang dihasilkan perusahaan tetapi jika diimbangi oleh kemampuan perusahaan tersebut didalam memasarkan produknya.  Untuk mamasuki pasar internasional sebuah produk dapat diperlukan dengan dilakukan modifikasi yang tergantung pada beberapa faktor yaitu Jenis produk itu sendiri, biaya, dan peraturan dari negara yang dituju.
Standarisasi produk
Yaitu produk dengan sangat sedikit atau tanpa modifikasi sama sekali, biasanya untuk barang-barang yang memang perlu distandarisasi seperti alat-alat kesahatan atau alat alat labotaorium dll.
Diferensiasi produk
Beberapa jenis barang perlu dilakukan diferensiasi pasar agar perusahaan dapat menigkatkan keuntungan. Modifikasi produk adalah salah satun bentuk diferensiasi, dan deferensiasi  merupakan salah satu segmentasi pasar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melakukan diferensiasi produk yaitu jenis produk, kondidi dan kompetensi yang ada dipasar, kebutuhan fisik, infrastruktur, product life style, legal requirement, cost benafit analysis.
Segemantasi pasar
Beberapa negara dapat dibagai dalam beberapa segmen denagn dasar tertentu seperti factor demografi, tingkat pendapatan, agama, kebiasaan konsumsi, dll.
Merek dan kemasan
Merek dapat distandarisaitetapi dapat juga disesuaikan dngan kondisi negara tertentu sehingga untuk produk yang sama mereknya akan berbeda di negara lain.
Strategi produk
Produk adalah fokus sentar bauran pemasaran. Jika sebuah produk tidak berhasil memuaskan konsumen, apaun upaya memasarkan yang dilakukan oleh produsen tidak akan berhasil.  Dalam merumuskan strategi produk para manajer pemasaran internasional harus ingat bahwa produk adalah lebih dari sekedar obyek fisik, tetapi mencangkup juga merek, aksesoris, layanan purna jual, jaminan, pentujuk pmakaian, cita perusahaan dan kemasan.
Jenis produk
Klasifikasi produk adalah jenis produk industrial atau produk konsumen, ang memenuhi kebutuhan pasar dunia pada umuamnya produk industrial tidak terlalu mermerlukan banyak penyesuaian, hal tesebut berbeda dengan produk konsumen.


PENGARUH KEKUATAN LINGKUNGAN LUAR NEGERI TERHADAP STRATEGI PRODUK
Kekuatan sosial budaya
Adanya perbedaan sosial budaya yang sangat mencolok mengharuskan perubahan-perubahan produk makanan barang konsumsi lain (Mc donald mengubah burgernya dengan daging ayam ketika memasarkan produknya ke india).
Kekuatan hukum
Kekuatan hukum menjadi sesuatau yang sangat penting dalam medisain produk suoaya persuashaan dapat memasarkan produknya dinegara tersebut (peraturan tentang polusi ,perlindungan konsumen)
Kekuatan ekonomi
Adanay pebedaan pendapat antara negara-negara di dunia menyebabkan perusahaan harus menyesuaiakan produknya dengan daya beli yang akan dituju.
Kekuatan fisik
Kekuatan fisik berupa iklim, kondisi alam, suhu udara dll, angat perhataikan oleh manajer produksi.
Strategi promosi
Terdapat enam sstrategi berbeda yang dapat dipilih perusahaan yaitu:
·       Produk sama-pesan sama
·       Produk sama-pesan beda
·       Adaptasi  produk-pesan sama
·       Adaptasi produk-adaptasi pesan
·       Produk berbeda-pesan sama
·       Produk berbeda untuk pemaikaian yang sama -pesan berbeda

Strategi penetapan harga
    Suatu barang bisa jadi dipasarkan dengan harga tinggi di suatu neraga tertentu dan dipasarkan dengan harga yang relative rendah di negara lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan harga:
·       Perbedaan biaya yang haris dikeluarkan perusahaan di negara sasaran.
·       Konsisi persaingan
·       Produk yang dipasarkan tersebut berbeda dalam tahapan daur hidup yang mana
·       Para Pemerintah setempat dalam pengendalian harga
Strategi distribusi
            Keputusan perusahaan adalah akan memasarkan secara langsung atau tidak langsung . ada beberapa faktor yang mempengaruhi strategi distribusi yakni:
·       Karakteristik pasar
·       Karakteristik produk
·       Karakteristik perusahaan
·       Karakteristik perantara
·       Persayaratan hukum
Daftar Pustaka:
riset pemasaran global

Tidak ada komentar:

Posting Komentar